Ahad, 11 Mei 2008

khasiat ikan





Tahukah anda dengan memakan lebih banyak ikan akan dapat mengurangkan risiko terkena serangan jantung.Ini telah dibuktikan dengan melakukan survey keatas orang yang tinggal di benua Amerika dan orang eskimo.Hasil penyelidikian menunjukkan orang eskimo kurang terdedah dengan serangan jantung berbanding orang yang tinggal di Amerika.Setelah meneliti dengan teliti didapati masyarakat Eskimo sangat banyak makan sumber protein daripada ikan dan hal inilah yang menyebabkan mereka kurang terdedah kepada serangan jantung.Ini dikuatkan dengan menyelidik masyarakat Jepun yang gemar memakan ikan atau shushi.Kandungan yang penting dalam ikan ini ialah omega-3.

Berikut beberapa contoh jenis ikan yang kaya omega-3:

  • Lemuru (Sardinella longiceps)
    Jenis ini hidup di perairan pantai, lepas pantai, dan laut dalam. Makanan utamanya plankton. Dapat mencapai panjang 20 cm, tapi biasanya 10 - 15 cm. Tubuhnya berwarna biru kehijauan di bagian atas, putih perak pada bagian bawah. Jumlah ikan ini terbanyak terdapat di Selat Bali dan sekitarnya, termasuk selatan Sumbawa dan timur Sumba, dan Kalimantan Utara. Ikan yang digelar oleh orang Madura disebut soroi ini dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, kalengan, asin rebus (pindang).
  • Tuna (Thunnus obesus)
    Jenis ikan yang di Indonesia Timur sering disebut tuna mata besar ini hidup di perairan lepas pantai mulai dari permukaan sampai kedalaman 250 m. Panjangnya bisa mencapai 236 cm, umumnya 60 - 180 cm. Ikan berbadan memanjang dan langsing ini tergolong buas, karnivor, dan predator. Dipasarkan dalam bentuk segar yang dibekukan, harganya terbilang agak mahal. Wilayah penyebarannya terutama di Laut Banda, Maluku, Flores, Sulawesi, Samudera Hindia, dan utara Irian Jaya.

    Ada enam spesies ikan tuna yang besar di dunia yakni albakora, tuna sirip kuning, tuna sirip hitam, tuna mata besar, tuna sirip biru, dan tuna ekor panjang.

    Tuna sirip biru dari Laut Tengah dan Samudera Atlantik, sering hanya disebut tunny, dan merupakan spesies besar yang mencapai panjang 4,3 m dan bisa berbobot 816 kg. Sementara tuna sirip kuning adalah spesies besar yang mencapai panjang 2,4 m dan dapat mencapai panjang 2,4 m serta berat 204 kg. Tetapi tuna ekor panjang berukuran agak kecil, beratnya sekitar 13,4 kg.

  • Tenggiri (Scomberomorus commerson)
    Termasuk ikan buas, predator, karnivor. Menyukai ikan-ikan kecil (sardin, tembang, teri), dan cumi-cumi. Hidupnya menyendiri di perairan pantai atau lepas pantai. Dapat mencapai panjang 200 cm, umumnya 60 - 90 cm. Penyebarannya seluruh perairan Indonesia. Dipasarkan dalam bentuk segar dan asin setengah kering.
  • Ikan herring (haring)
    Ikan ini merupakan fkeluarga penting yang tersebar luas di seluruh dunia. Dalam kelompok ini ada sekitar 200 spesies. Ikan haring spesies Clupea harengus adalah anggota paling terkenal dari kumpulan ini. Ia berbadan silinder dan perutnya agak licin. Panjangnya dapat mencapai 43 cm, tetapi biasanya cuma 30 cm. Jenis ini suka berkelompok dan berkumpul dalam jumlah yang luar biasa besar untuk mencari makan atau untuk bertelur pada saat-saat tertentu dalam setahun.

    Produk ikan haring yang paling terkenal disebut kipper yang pertama kali dibuat pada tahun 1843 oleh John Woodger dari Newcastle-upon-Tyne, Inggris. Ikan ini diiris melalui punggungnya, isi perut dibuang dan sesudah direndam selama setengah jam dalam larutan garam 80%, ikan tersebut lalu digantung di dalam tempat pembakaran di atas api kayu keras selama 6 - 18 jam. Ikan haring itu tergolong ikan yang berminyak kerana itu mudah rosak.

Tiada ulasan :